suplier cardigan candies

Senin, 09 Oktober 2017

si “Dusun Lumbung Pangan”: Dusun Kemranggen, Desa Wulungsari, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo


Dusun Kemranggen merupakan salah satu dusun di desa Wulungsari, kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Kini upaya peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif dusun Kemranggen telah membuahkan hasil sehingga telah mengantarkan dusun ini menjadi “Dusun Lumbung Pangan”. Sekitar 3-4 tahun yang lalu penggerak PKK mulai menggiatkan pemanfaatan pekarang rumah yang optimal dari swadana warga. Mulai dari membuat media tanam, pembibitan dan bekerjasama dengan dinas pertanian terkait untuk membantu penyuluhan cara bercocok tanam, pengenalan tanaman pekarangan, pembibitan dan pemeliharaan sayuran, buah, tanaman hias dan tanaman obat. 

Awal mula tujuan pemanfaatan pekarangan rumah ini tidak hanya agar tampak bersih dan rapi tetapi juga memberi manfaat ekonomi dari lahan pekarangan rumah yang belum dimanfaatkan secara optimal sehingga diharapkan kebutuhan pangan rumah tangga seperti cabe, tomat, daun bawang dsb lebih mudah dijangkau dan lebih murah. Jika kebutuhan gizi pangan saja dapat tercukupi dari rumah tangga maka upaya ini diharapkan dapat membantu ketahanan pangan nasional RI. 


Kendala awal yang dihadapi adalah pengetahuan cocok tanam yang masih rendah dan hewan ternak yang masih berkeliaran di sekitar pekarangan sehingga kadang merusak tanaman. Oleh karena itu, kesadaran dan partisipasi diperkuat dengan komitmen bersama dengan mematuhi beberapa peraturan desa yang sekaligus dibantu dukungan penyuluhan dengan dinas pertanian Wonosobo.



Sepanjang jalan dan gang rumah warga nampak rapi pot-pot, polibag dan berbagai media tanam yang ditanami berbagai sayuran, bunga, dan tanaman obat. Salah satu yang menjadi penyemangat warga untuk berpartisipasi lebih aktif dan mesyarakatkan pekarangan adalah adanya berbagai lomba antar RW atau antar dusun sehingga meningkatkan motivasi. Kini Desa Wulungsari telah memiliki banyak penghargaan dari kabupaten, Provinsi dan Nasional seperti Pemenang dalam kategori PKK Hatinya (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). 



              Saat ini desa ini telah diresmikan menjadi “Kampung Tani” oleh pemerintah. Siapapun dapat mengunjungi dan belajar pemanfaatan pekarangan rumah langsung. Kemandirian dan keberlanjutan program ini dapat ditunjukkan dengan kemandirian warga dalam membuat bibit dan media tanam sendiri. Selain itu, hasil dari pembibitan dan panen pekarangan tersebut warga dapat dengan langsung menjual kepada pembeli yang membutuhkan atau pengunjung yang sedang menikmati desa Wulungsari. Uniknya ada banyak jenis sayuran dan tanaman hias langka yang dikembangkan di dusun tersebut sehingga selain memperindah pekarangan warga juga berharap tanaman langka tetap lestari. 


 Jadi, Yuk main ke Kampung Tani Wonosobo?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar